BELAJAR, SEMBAHYANG, DAN JING-ZUO


Salam Kebajikan,

Bagaimana agama Ru-Khonghucu membimbing umatnya hidup di dalam Dao, mengikuti Firman TIAN dan mencapai tujuan tertinggi sebagai manusia baik selama hidup di dunia maupun pada saat kembali keharibaan Kebajikan TIAN?

Si Shu Wu Jing dan Xiao Jing sebagai Kitab Suci agama Ru-Khonghucu setidaknya mengajarkan tiga aktivitas dasar yang wajib dilakukan oleh umat Ru-Khonghucu dalam upaya memahami dan mengimani agama Ru-Khonghucu dengan pendekatan hati dan pikiran. Aktivitas dasar tersebut adalah Belajar, Sembahyang dan Jing-zuo.

Zi Gong berkata, “Ajaran Guru tentang Kitab-kitab dapat kuperoleh dengan mendengar, ajaran Guru tentang Watak Sejati dan TIAN Dao (Jalan Suci TIAN) tak dapat kuperoleh (hanya) dengan mendengar.”
Lun Yu V: 13

Nabi bersabda, “Seorang Junzi meluaskan pengetahuan dengan mempelajari Kitab-kitab dan membatasi diri dengan Li (Kesusilaan). Dengan demikian ia tidak sampai melanggar Kebajikan.”
Lun Yu VI: 27

Nabi bersabda, “Di dalam diam melakukan renungan; belajar dengan tidak merasa jemu, dan mengajar orang lain tidak merasa capai, adakah itu di dalam diriku?”
Lun Yu VII: 2

Nabi mempraktikkan enam keterampilan. Disamping ketiga hal tersebut di atas, pada jaman modern, untuk menjaga kesehatan, olahraga tidak boleh dilalaikan. Musik termasuk dalam peribadahan. Peranan musik begitu besar bagi manusia, bahkan Nabi Kongzi menekankan pentingnya musik untuk menyempurnakan diri. Kesehatan jiwa itu penting, kesehatan tubuh tak kalah pentingnya. Merawat tubuh adalah awal laku bakti. (US)

Postingan populer dari blog ini

KELENTENG DAN SHEN MING

MEJA ABU LELUHUR

TAHUN BARU