PEMIMPIN ADALAH PEMBACA

Salam Kebajikan,

Saat membaca buku biografi Warren Buffett, salah seorang orang terkaya dunia dan filantropi yang menyumbangkan sebagian besar kekayaannya, mungkin Anda akan terkejut dengan salah satu kebiasaannya yang menyebabkan dia menjadi semakin sukses, yaitu kebiasaan membaca buku. Buffett membaca buku rata-rata 6 jam per hari. Ya, enam jam.

Coba tanya pada diri Anda, berapa lama waktu yang Anda sediakan untuk membaca buku setiap bulan, setiap minggu, setiap hari? Sungguh mengejutkan, sebagian besar dari orang-orang yang telah menyelesaikan sekolah sangat jarang membaca buku. Mereka membiarkan buku menjadi pajangan dan merasa telah terbebas dari kewajiban untuk membaca buku dan tak lagi sempat/menyempatkan diri membaca.

Apakah kita harus prihatin ataukah menganggapnya sebagai suatu hal yang wajar?

Faktanya: saat kebanyakan dari kita tak sempat (atau tidak menyempatkan) membaca karena berbagai alasan, Buffet justru menjadi antitesis atas alasan kita. Konon Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Jack Ma berada dalam barisan Buffet.

Ada pepatah mengatakan Pemimpin adalah Pembaca, 'Leaders are readers'. Saya setuju dengan pandangan ini, jika pengetahuan hasil membaca diolah, disintesiskan, dan dipraktikkan dalam kehidupan. Walaupun orang-orang bijaksana bukanlah sekedar hasil membaca. Tak dapat dipungkiri, membaca adalah salah satu sumber kebijaksanaan.

Bagaimana melatih kebiasaan membaca? 

Hukum setahap demi setahap tetap bisa diterapkan agar tercipta kebiasaan membaca.

Mulailah dengan menyempatkan membaca selama 15 menit perhari, pertahankan selama 90 hari, maka kebiasaan membaca akan menjadi milik Anda.

Dengan membaca 15 menit perhari, Anda bisa menyelesaikan 1-2 buku perbulan, 12-24 buku setahun, 120-240 buku selama 10 tahun. Jika Anda tingkatkan menjadi 30 menit atau 1 jam per hari, bayangkan berapa buku yang Anda baca? Tinggal Anda pilih dan pilah jenis buku apa yang Anda baca, maka Anda akan menjadi manusia berbeda. Dalam memilih dan memilah, masukkan dua buku 'wajib': kitab suci dan buku pengembangan diri agar menjadi manusia yang lebih baik.

Menurut penelitian, seperti ditulis oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya 'Outliers', untuk menjadi seorang ahli atau orang yang sukses dalam bidang apapun, kita 'hanya' membutuhkan 10 ribu jam melakukan sesuatu.

Nah kalau Anda membaca buku, mengolah, mensintesiskan dan mempraktikkan selama 10 ribu jam, Anda akan menjadi seorang ahli atau orang sukses dalam bidang yang Anda tekuni.

Satu hal yang sebetulnya 'mudah', dan setiap orang mampu kalau saja mau. Tapi menjadi 'tak mudah', karena kita selalu punya alasan untuk tidak melakukannya.

Benar adanya, hidup adalah pilihan.

Kalau Anda dan saya mau menjadi seorang pemimpin, Anda dan saya harus memimpin diri sendiri terlebih dahulu dengan membiasakan diri membaca. (US) 06122019

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

CINTA TANPA SYARAT—UNCONDITIONAL LOVE

SALAM KEBAJIKAN DALAM KEGIATAN LINTAS AGAMA DAN KENEGARAAN