SEMBAHYANG DONG ZHI: PENGARUSUTAMAAN KEBAJIKAN

Salam Kebajikan,

Selamat beribadat Dong Zhi, sembahyang sujud kehadirat Shang Di, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam kesiapan diri jasmani rohani menghadap Sang Khalik dengan kesucian lahir batin.

Pada saat Dong Zhi kita bersembahyang Zheng 烝 mengucap syukur dan harapan sesuai tuntunan kitab suci, beriringan dengan kehangatan jiwa kita menerima suara gema Genta Rohani, penyedar hidup, karena pada hari ini, Zhisheng Kongzi mulai melakukan perjalanan menunaikan tugasnya sebagai Tianzhi Muduo, Genta Rohani Tian, mengembalikan dunia ke dalam dao, menanggalkan jabatan, meninggalkan gemerlap kedudukan untuk manunggal dengan langit dan bumi.

Dan ternyata citaNya ditegakkan oleh Yasheng Mengzi, yang begitu luar biasa kepiawaiannya berdiplomasi, beradu argumen, menasihati para raja sekalipun, tanpa ada rasa jerih, minder atau pun gagap, beliau berprinsip semua orang sama, Yao dan Shun adalah manusia, kita pun manusia. Yasheng Mengzi berpulang pada hari ini meninggalkan nama harum dan terlebih lagi berhasil menegakkan dao Nabi dari upaya-upaya pengaburan.

Bagi kita sekarang, tiga peristiwa ini menguntai kesadaran akan pentingnya bersujud pada Huang Tian Shang Di untuk terus memasuki kedalaman batin tempat cahaya kebajikan Tian menerangi kehidupan kita agar senantiasa sesuai firman.

Kita tak perlu galau atau pun bimbang selama kita hidup mengikuti tuntunan Genta Rohani, kita tentu ada dalam track yang benar walaupun kesulitan datang silih berganti, masalah mewarnai perjalanan kita dan sang angkara kerap mengintai karena ego dan keakuan kita yang acap menyeruak, hingga akhirnya bila kita terus mengutamakan yang pokok sebagai pokok, mengarusutamakan kebajikan dalam perjalanan hidup kita, maka saat kita berpulang, kita akan seperti Yasheng Mengzi, mendapat nama baik, berkah, kedudukan, dan panjang usia.

Ketiga peristiwa ini, untuk kita di Indonesia digenapi dengan penghargaan kita pada sosok ibu, tempat kasih terpancar tiada terkira sepanjang masa, hanya memberi tak pernah harap kembali, bagai sang surya menerangi dunia.


Hari ini bukanlah sekedar makan ronde yang telah membudaya, tapi dalam kedalaman makna, kita diingatkan kembali pada hakikat keberadaan kita sebagai manusia mulia.

Jangan bimbang dan ragu, Tian senantiasa beserta kita.

Tian Bao. (US) FB 22122017 17.01 22122019

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

CINTA TANPA SYARAT—UNCONDITIONAL LOVE

KELENTENG DAN SHEN MING