1000 HATI SATU HATI

Salam Kebajikan,

Bagi saya, buku Yu Dan "1000 Hati Satu Hati" adalah salah satu buku 'penjelasan kitab' Lunyu terbaik yang pernah saya baca.

Buku Yu Dan sarat dengan cerita-cerita keseharian yang menggugah pembaca untuk hidup berdasarkan ajaran Khonghucu seperti contoh di bawah ini yang saya kutipkan dari bagian Dao Langit Bumi dan Manusia serta Dao Hati dan Jiwa.

Jika pada hari Senin seseorang tanpa alasan tiba-tiba menjadi korban pemukulan yang parah, pada hari Selasa akan menyampaikan hal tersebut berulang kali pada semua teman-temannya, pada hari Rabu tenggelam dalam kesedihan dan menolak untuk bertemu siapapun atau pergi ke mana pun dan pada hari Kamis dia mulai bertengkar dengan keluarganya karena hal-hal sepele.

Apakah artinya?

Artinya setiap kali kita menceritakan lagi, kita mengalami pemukulan lagi. Artinya meskipun hal itu telah berlalu, pengaruhnya tetap kita rasakan setiap hari.

Ketika ketidakberuntungan menimpa, cara terbaik untuk menghadapinya adalah membiarkannya berlalu secepat mungkin. Hanya dengan ini kita dapat memiliki waktu yang lebih bebas untuk melakukan hal-hal yang lebih berarti, hanya dengan demikian kita dapat hidup lebih efektif dan dalam bentuk yang lebih baik secara emosional.

Dalam kehidupan siapa pun dari kita, bisa saja tiba-tiba mengalami tidak memiliki pekerjaan, kehancuran pernikahan, pengkhianatan teman, atau ditinggalkan oleh seorang yang dekat dengan kita, dan bisa saja kita menganggapnya sebagai sesuatu yang serius atau sesuatu yang tidak berarti; tidak ada standar yang objektif.

Apabila Anda tersayat, mungkin sepanjang satu inci, apakah ini termasuk cedera berat atau cedera ringan? Seorang gadis kecil yang lemah dan sensitif mungkin akan meributkan hal ini sepanjang minggu; tetapi seorang laki-laki muda yang besar dan kuat mungkin tak akan menyadari kapan sayatan terjadi sampai sembuh dengan sendirinya. 

Jadi apakah kita mengambil peranan sebagai "gadis kecil" yang lemah atau "laki-laki muda" yang kuat tergantung dari kita sendiri.

Apabila kita memiliki pikiran luas tak terbatas, kita akan selalu dapat menempatkan segala hal pada perspektif yang tepat.

Kekuatan buku ini adalah keberhasilan Yu Dan membumikan ajaran Nabi Kongzi dalam keterbukaan dan kemudahan, bukan menulis tentang Konfusianisme para sarjana yang penuh argumentasi mendalam dan terbelenggu dengan kajian-kajian tekstual.

Yu Dan mengajak Anda dan saya membenamkan diri dalam kehangatan mata air kebijaksanaan Nabi, tidak mengajak Anda dan saya untuk menganalisis unsur-unsur kimia dalam sumber air panas tersebut.

Yang dapat dipelajari adalah kebenaran sederhana yang setiap orang ketahui dalam hatinya, walaupun mungkin sulit diucapkan dari mulutnya.

Saya sependapat dengan apa yang dikatakan oleh Yu Dan pada kata pengantar buku tersebut bahwa kebijaksanaan Kong Fu Zi (Nabi Kongzi) seperti sebuah kehangatan mata air, mata air kehidupan. Dengan membenamkan diri, masuk ke dalam mata air kehidupan tersebut akan merasakan berkahnya.

Dengan demikian yang baik akan melihat kebaikan di dalamnya, yang bijaksana akan melihat kebijaksanaan, walau setiap individu merasakan dengan berbeda dan mengikuti jalan berbeda akhirnya dapat mencapai tujuan akhir yang sama. Seperti kata pepatah 'kebenaran tidak pernah jauh dari orang-orang biasa'.

Mereka yang memperoleh manfaat dari kebijaksanaan Nabi akan mengalami suatu saat pencerahan, saat dimana pengertian tiba-tiba membanjiri mereka, sama seperti mereka berusaha belajar seumur hidup tiada henti dalam upaya mencapai pengertian.

Yu Dan mempelajari dan mengajak kita mempelajari ajaran Khonghucu dengan hati. (US) 02032020

Postingan populer dari blog ini

KELENTENG DAN SHEN MING

TOUS LES JOURS

GUAN YIN = AVALOKITESVARA?