USIA DAN HARAPAN



Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Apa yang ada di benak Anda saat memasuki usia 20, 30, 40, 50, dan 60 tahun? Setiap orang berbeda-beda dalam menyikapi deretan angka usia yang telah dijalani.

Pertanyaannya sedikit kita ubah. Apa yang ada di dalam benak Anda mengenai apa yang akan Anda lakukan dalam perjalanan hidup Anda di sisa usia Anda?

Coba kita bertanya dalam perspektif lain. Saat Anda telah memasuki usia 50, 60 tahun, apa yang ada dalam benak Anda? Apakah Anda berpikir dan merasa Anda sudah hampir memasuki penghujung kehidupan dan Anda hampir selesai, tak lagi punya banyak kesempatan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan lebih baik dalam kehidupan Anda? Ataukah Anda berpikir dan merasa Anda masih punya waktu untuk berbuat sesuatu yang berbeda dan lebih baik?

Saat memasuki usia 50, 60 tahun, kebanyakan orang merasa sudah terlalu tua untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

Mari kita lakukan hitungan-hitungan kecil untuk menguji cara pandang kita mengenai usia.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, rata-rata harapan hidup orang Indonesia adalah 71,28 tahun, sedangkan negara maju di atas 80 tahun.

Kita asumsikan Anda benar-benar mulai mandiri pada usia 24 tahun dan sekarang Anda berusia 50 tahun. Artinya Anda telah menjalankan hidup Anda secara mandiri selama 26 tahun. Dan mengacu pada rata-rata usia harapan hidup, anggap saja Anda dapat mencapai usia 76 tahun. Anda masih punya sisa waktu 26 tahun untuk menjalankan kehidupan.

Artinya apa? Anda masih punya 1/2 waktu tersisa untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan lebih baik karena Anda baru menjalani 26 tahun hidup mandiri dan punya sisa waktu 26 tahun. 

Betul kan

Hidup Anda masih jauh dari selesai, masih cukup jauh untuk mencapai ujung usia Anda

Apa yang telah Anda lakukan selama 26 tahun kehidupan Anda? Apa yang akan Anda lakukan dalam 26 tahun kesempatan hidup yang masih Anda mungkin miliki? Pertanyaan ini perlu Anda renungkan dengan seksama agar Anda memandang kehidupan dalam perspektif yang tepat dan Anda tidak menyia-nyiakan 26 tahun kedua yang Anda miliki.




Tanggal 5 Agustus, saya memasuki usia 50 + 10% alias 55 tahun. Saya baru menjalani 28 tahun hidup mandiri sejak saya lulus kuliah pada usia 27 tahun. Masih lumayan punya lebih dari 20 tahun untuk berbuat sesuatu yang berbeda dan lebih baik.

Saya berharap Tian akan memberi kesempatan lebih lama dari rata-rata harapan hidup dan mempunyai kesehatan prima agar saya dapat berkarya yang lebih baik bagi keluarga dan sesama. Bila Tian berkehendak bukan hal yang tak mungkin. 

Mati hidup adalah Firman.

Tentu saja saya perlu berkontribusi agar  panjang usia dan sehat dengan berolahraga, menjaga asupan makanan, berpikir positif serta melatih otak dan hati agar dapat menyempurnakan iman dan berbuat banyak kebajikan besar.
"Maka seorang yang mempunyai kebajikan besar niscaya mendapat kedudukan, mendapat berkah, mendapat nama, dan mendapat panjang usia."
—Da Xue XVI: 2
"Maka seorang yang berkebajikan besar itu niscaya menerima firman."
—Da Xue XVI: 5

Anda berminat berjalan dalam jalan yang sama? (US) 02082020

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

CINTA TANPA SYARAT—UNCONDITIONAL LOVE

SALAM KEBAJIKAN DALAM KEGIATAN LINTAS AGAMA DAN KENEGARAAN