NASIHAT BERKAWAN


Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Terdapat 3 arti kata 'berkawan' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang masuk ke dalam kelas kata verba (kata kerja) yaitu mempunyai kawan, bersahabat, bersekutu. Dengan kata lain menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata berkawan adalah mempunyai kawan. Arti lainnya dari berkawan adalah bersahabat.

Berkawan adalah kawan dengan siapa kita sering berkumpul, menghabiskan waktu, dan melakukan segala sesuatu bersama-sama. Secara tidak langsung kawan sangat mempengaruhi diri pribadi kita.

Banyak orang yang menjadi lebih baik karena pengaruh berkawan dengan orang yang baik, namun banyak orang yang terjerumus dalam keburukan karena pengaruh berkawan dengan orang yg kurang baik. Kita boleh berkenalan dengan siapapun, tapi perlu memilih kawan dengan siapa kita berkumpul, menghabiskan waktu, dan melakukan segala sesuatu bersama-sama.

Agama Konghucu menyarankan kita untuk menghargai diri sendiri agar berwibawa dan dapat teguh belajar.

Upaya menghargai diri sendiri dilakukan dengan:
  1. Mengutamakan sikap Satya dan Dapat Dipercaya.
  2. Tidak berkawan dengan orang yang tidak seperti diri kita.
  3. Berani memperbaiki kesalahan.
Khusus mengenai nasihat kedua, yaitu tidak berkawan dengan orang yang tidak seperti diri kita bukanlah dimaksudkan umat Konghucu tidak boleh bergaul dengan orang yang tidak seiman, namun dimaksudkan bahwa saat kita mempunyai tekad untuk belajar, maka agar dapat teguh belajar janganlah berkawan dengan orang-orang yang masih bermalas-malasan untuk belajar, karena orang-orang seperti ini akan mempengaruhi semangat belajar kita. Sebaiknya kita berkawan dengan orang-orang yang mempunyai semangat belajar pula. Hal ini akan memperteguh tekad kita untuk belajar. Inilah salah satu cara menghargai diri.

Lebih lanjut dikatakan dalam Kitab Lunyu bahwa dalam berkawan, kita perlu memilih kawan yang baik yaitu:

1. Kawan yang lurus.
Lurus di sini berarti tulus, jujur, dan tanpa prasangka. Teman yang lurus memiliki sifat ikhlas dan berbesar hati, ia sangat terbuka dan berterus terang, tanpa terkesan menyanjung. Karakter mereka akan membawa pengaruh yang baik terhadap diri kita. Mereka akan memberikan keberanian saat kita takut, ketegasan dan ketetapan hati saat kita ragu-ragu.

2. Kawan yang setia dan dapat dipercaya.
Teman ini tidak pernah berpura-pura, setia dan dapat dipercaya. Bekerja sama dengan teman seperti ini membuat kita merasa tenang, sabar dan aman, mereka membersihkan dan meningkatkan semangat kita.

3. Kawan yang memiliki pengetahuan luas.
Teman seperti ini memiliki pengetahuan yang luas dalam berbagai hal dan telah melihat banyak dari dunia. Mempunyai teman berpengetahuan luas seperti memiliki ensiklopedi besar, kita bisa belajar banyak pelajaran yang berguna dari pengalaman-pengalamannya.


Memilih dengan siapa kita berkawan adalah tindakan yang perlu kita lakukan dalam upaya kita menjadi seorang yang lebih baik dalam bidang apapun.

Terlebih dalam upaya kita menjadi seorang umat Konghucu yang Junzi.

Anda siap? (US) 07022021


Lunyu I: 8, Lunyu IX: 25, Lunyu XV: 10, Lunyu IV: 7, Lunyu V: 25

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

NABI DALAM AGAMA RU-KHONGHUCU

SALAM KEBAJIKAN DALAM KEGIATAN LINTAS AGAMA DAN KENEGARAAN