XS. ONG TENTANG CHENG (誠)


Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Kriiing... Kriiing...

HP berbunyi dan layar HP berkedip.

Ternyata Pak Ong menelepon video call sekaligus mengirimkan hasil goresan tangannya berupa skema uraian huruf kitab.

"Wei De Dong Tian, Pak Ong."

"Xian You Yi De. Kumaha, Ung, cageur?"

Suara khas Pak Ong terdengar dari ujung sana.

Tapi kali ini saya dan istri kebetulan sedang jalan ke Kong Miao Bandung sehingga saya berjanji akan video call balik. Tapi di hari minggu tersebut saya baru pulang malam hari, karena malam hari sepulang kebaktian saya berkunjung ke rumah keluarga untuk bersembahyang di altar leluhur.

Esok harinya saya video call Pak Ong, dan setelah bercakap-cakap tentang beberapa hal, Pak Ong menjelaskan skema tentang huruf Cheng 誠.

Cheng 誠 memiliki arti iman, tulus, jujur. 

Huruf Cheng terdiri atas huruf yan 言 (bicara) dan cheng 成 (sempurna).

Dengan demikian cheng 誠 (iman, tulus, jujur) mengandung pengertian bicara yang sempurna. Menurut Pak Ong sempurna adalah milik Tian, manusia tidak ada yang sempurna. Orang pasti tidak berbicara sempurna. Tian tidak bicara tapi sempurna.

Pak Ong bertanya, "Apakah orang berbicara pasti dapat dipercaya? Apakah kita pasti bisa percaya pada orang lain?" 

"Belum tentu," lanjut beliau, "Itu karena manusia tidak sempurna".

Huruf xin 信 (percaya, dapat dipercaya ) terdiri atas huruf ren 人 (orang) dan yan 言 (bicara).

Antara iman (cheng 誠) dan percaya (xin 信) itu berbeda. Percaya pada arloji sebagai penunjuk waktu beda dengan percaya pada Tuhan.

Bagaimana dengan orang yang dapat dipercaya? Orang yang dapat dipercaya adalah orang yang perasaan, pikiran, mulut, dan perbuatannya selaras. Orang yang dapat dipercaya tentu saja berkaitan dengan imannya.

Pak Ong menguraikan lebih lanjut mengenai cheng 誠 (iman) dalam kaitan dengan manusia yang tidak sempurna dan bicaranya tidak selalu dapat dipercaya.

Seperti sudah diuraikan di atas, huruf cheng 誠 (iman) terdiri atas huruf yan 言 (bicara) dan huruf cheng 成 (sempurna). Huruf yan 言 (bicara) terdiri atas huruf ba 〨 dan kou 口 (mulut).

Huruf ba 〨 adalah angka delapan dalam bilangan suzhou atau huama, 蘇州碼子 sūzhōu mǎzi yaitu sistem bilangan yang digunakan di Tiongkok sebelum diperkenalkannya bilangan Arab yang biasa digunakan dalam pembukuan dan dunia perdagangan. Dengan demikian Ba 〨 sama dengan ba 八.

Maka mulut orang yang sedang belajar untuk menggemilangkan iman dan menjadi manusia yang dapat dipercaya seyogianya membicarakan dan membahas delapan yang sempurna, yakni:
  1. Ba De (八德) = Delapan Kebajikan.
  2. Ba Gua (八卦) = Delapan Trigram dalam Yijing.
  3. Ba Cheng Zhen Gui (八誠箴规) = Delapan Pengakuan Iman.

Pak Ong belajar wen yan wen secara otodidak, salah satu kamus yang Pak Ong gunakan adalah kamus Chinese–English Dictionary berangka tahun 1931 disusun oleh Mathews dan diterbitkan oleh Harvard University Pers. Huruf ba 〨 ada di halaman 1178 kamus ini.

Semua yang dijelaskan di atas adalah uraian dari skema huruf cheng 誠 yang ditulis oleh Pak Ong agar memudahkan cara mengingat dan belajar.

Dalam beberapa hal ada perbedaan pemahaman dengan apa yang selama ini saya pelajari baik melalui buku maupun diskusi, namun demikian dalam belajar dan mendalami agama, perbedaan akan semakin memperluas cakrawala dan memperdalam pengertian.

Satu hal penting yang perlu saya dan Anda teladani dari Pak Ong adalah semangat belajar yang terus bergelora dalam diri Pak Ong di usia 88 tahun. 

Tak banyak orang seperti Pak Ong. (US) 18052021

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

SALAM KEBAJIKAN DALAM KEGIATAN LINTAS AGAMA DAN KENEGARAAN

NABI DALAM AGAMA RU-KHONGHUCU