KENANGAN INDAH YANG INGIN DIULANGI


Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Tanggal 24 Agustus 2021 Suhu Chew Kong Giok berulang tahun ke-69 dalam penanggalan Masehi atau ke-70 tahun dalam penanggalan Kongzili/Yinyang Li. Ko Kong Giok bershio naga. Waktu terasa demikian cepat berlalu, sudah hampir lima dasawarsa saya mengenal Ko Kong Giok.

Banyak kenangan yang kami lalui bersama, baik kenangan atas kegiatan serius seperti keagamaan, kungfu, dan keorganisasian maupun kebersamaan santai seperti bermain bersama bola voli, bola basket, biliar, memancing di laut dan di waduk, main game, ngobrol, dsb.

Saya bersama teman-teman PAKIN Bandung pernah menginap hampir dua minggu di rumah ko Kong Giok di Cirebon.

Menyenangkan suasananya sehingga kami betah berlama-lama. Soh Hwie Giok begitu perhatian, melayani, dan telaten. Padahal kalau dipikirkan lagi, dua minggu itu waktu yang tidak sebentar. Bisa dibayangkan betapa kami sangat merepotkan dan betapa sebetulnya kami meningkatkan pengeluaran kebutuhan rumah tangga keluarga ko Kong Giok. Kami nyaris tak keluar uang sepeserpun selama dua minggu itu.

Saya pikir dan yakin, sebagai istri, Soh Hwie Giok jarang ada tandingannya. Sebagai nyonya rumah pun akan sangat jarang yang menyamai. Hingga sekarang Soh Hwie Giok dengan sabar dan setia mendampingi Suhu Chew sehingga Suhu Chew dapat terus mengabdikan dirinya untuk masyarakat, wushu, dan agama.

Kami pun pernah bertamasya ke pantai Pangandaran dan sering berhari-hari menginap bersama di Litang Bandung, bahkan pernah begadang bersama tiga hari berdiskusi sambil uji ketahanan dan ingin merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang zaman dahulu saat mencari jati diri mereka.

Sebetulnya kalau saja saya masih punya kesempatan, ingin sekali mengulangi momen-momen kebersamaan seperti itu walau mungkin kegiatan yang kami laksanakan tidak sama. Relax tak banyak yang dipikirkan. Bisa tertawa, bermain, berdiskusi, tanpa beban. Keluar dari rutinitas dan problematika kehidupan. Walau tak mudah untuk mewujudkannya karena kami tidak lagi seperti dulu. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dan perlu komitmen. Tapi seperti kata pepatah bila ada kemauan pasti ada jalan.

Setiap kalender menunjukkan tanggal 24 Agustus, di satu pihak saya merasa gembira, di lain pihak merasa khawatir. Seperti sabda Nabi, "Usia ayah bunda tidak boleh tidak diketahui; di satu pihak boleh merasa gembira, di lain pihak harus merasa khawatir."

Selamat ulang tahun Ko Kong Giok, senantiasa sehat dan panjang umur dalam rahmat Tian, penyertaan para Shenming dan bimbingan nabi serta segenap leluhur. 

Jangan bosan memberi bimbingan wen dan wu. (US) 25082021

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

NABI DALAM AGAMA RU-KHONGHUCU

SALAM KEBAJIKAN DALAM KEGIATAN LINTAS AGAMA DAN KENEGARAAN