TIME IS LIFE


Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Seberapa sering Anda jalan tergesa-gesa? Seberapa cepat Anda berjalan? Ataukah Anda memang terbiasa berjalan cepat?

Km per jam atau mil per jam adalah satuan yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan berjalan. Dalam matematika kecepatan sama dengan jarak dibagi waktu. Semakin jauh jarak yang Anda tempuh dalam waktu tertentu berarti semakin cepat Anda berjalan.

Seberapa cepat dan seberapa tergesa-gesa Anda berjalan tergantung dari kebiasaan, janji atau acara yang telah dijadwalkan. Konon kecepatan jalan seseorang berkaitan dengan kesuksesan seseorang. Entah bagaimana kaitannya. Yang jelas beberapa orang yang saya kenal adalah pedagang besar yang sukses, jalannya cepat. Percaya atau tidak, ritme bicaranya pun cepat.
 
Saya pikir hal ini berkaitan dengan bekerjanya otak. Bisa jadi ada hubungannya dengan peribahasa 'time is money': waktu adalah uang. Kalau jalan berlambat-lambat artinya kesempatan mendapat uang bisa terlewat. Cukup masuk akal.

Berapa lama Anda beroleh kesempatan hidup di dunia? Konon kalau Anda cukup sehat, Anda berkesempatan hidup 120 tahun. Dalam berbagai zaman, manusia (biasanya para penguasa dan bangsawan kaya) terus berupaya untuk panjang umur bahkan hidup abadi. Menurut cerita, tabib yang dikirim Qin Shi Huang untuk mencari obat panjang umur memilih tidak pulang karena tidak berhasil menemukan obat tersebut. Daripada kepala dipenggal mereka lebih memilih hidup di tempat yang sekarang kita kenal sebagai Jepang.

Kalau beroleh kesempatan hidup 120 tahun artinya kita mempunyai waktu hidup 63.072.000 menit. Sehari Anda punya waktu 1440 menit atau 86.400 detik. Menurut BPS rata-rata hidup orang Indonesia adalah 71.5 tahun. Kesempatan waktu yang tidak banyak diberikan pada kita untuk berbuat sesuatu.

Pertanyaannya berapa bagian dari waktu yang tak banyak itu kita gunakan untuk sesuatu yang berguna bagi diri kita dan bagi sesama? Berapa banyak waktu yang kita gunakan untuk berbenah diri atas kekeliruan dan kesalahan yang kita buat baik sengaja atau tidak sengaja? Berapa banyak waktu yang kita gunakan memberi dampak positif bagi kehidupan?

Tak sedikit orang yang sibuk menghabiskan waktu untuk usil pada urusan orang lain, julid, menyebar gosip, membaca dan men-share konten negatif, membanding-bandingkan diri dengan orang lain atau hal lain yang tak berguna bagi kehidupan kecuali menghabiskan jatah waktu yang tak banyak.

Coba hitung lagi perkiraan waktu yang diberikan pada Anda. Waktu yang Anda peroleh tetap dan jauh lebih sedikit dari uang yang dapat Anda peroleh sepanjang hidup. Waktu yang diberikan pada Anda jauh lebih berharga dibanding uang. Maka lebih tepat dikatakan time is life bukan time is money. Waktu adalah kehidupan bukan uang.

Ada pepatah dalam bahasa Inggris mengatakan bahwa anak mengeja waktu (TIME) sebagai cinta (LOVE). Daripada menghabiskan waktu untuk hal tak berguna kenapa tak luangkan banyak waktu untuk keluarga untuk mengekspresikan cinta?

Para pengusaha sukses berjalan tergesa-gesa karena beranggapan time is money

Seberapa 'tergesa-gesa' Anda mempersiapkan diri setelah menyadari time is life? (US) 25092021

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG DAN DOA

NABI DALAM AGAMA RU-KHONGHUCU

SALAM KEBAJIKAN DALAM KEGIATAN LINTAS AGAMA DAN KENEGARAAN