TEPAT WAKTU


Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Saya pernah mendengar seseorang berkata bahwa dalam Agama Konghucu tidak diajarkan mengenai ketepatan waktu, sehingga tak masalah bila acara yang dilaksanakan tidak tepat waktu—alias ngaret.

Sontak saya mengatakan baca lagi deh kitab dengan seksama.

Dalam agama Konghucu beribadah ada waktunya, berdasarkan bulan, berdasarkan tanggal bahkan berdasarkan jam, tidak sembarang. Bahkan sajian juga tidak sembarang, bisa berbeda tergantung musimnya yang diyakini akan membawa dampak positif maupun negatif. Musik pun ada aturannya boleh ditabuh atau tidak, tergantung upacaranya. Itu dari aspek religiositas dan spiritualitas upacara.

Dari aspek moral dan etika yang merupakan pancaran dari religiositas dan spiritualitas - mewujud dalam karakter kita sebagai manusia - kita tak mau membuat orang yang telah hadir mesti menunggu orang-orang tak datang tepat waktu. Mungkin saja orang telah mempunyai jadwal acara lain setelah acara kita dan tak pantas kita tak menghargainya.

Agama adalah bimbingan untuk manusia menempuh Jalan Suci. Bukan cuma sekedar sederet aksara. Bukan hanya kata atau kalimat yang dibaca letterlijk. Di dalamnya ada rasa dan ada logika. Ada yang tersurat dan tersirat. Ada keteladanan dan nilai-nilai.

Dengan demikian Kitab Suci memberi penjelasan dan menjadi cermin bagi kita untuk menjalankan kehidupan sesuai dengan yang dikehendakiNya. US. 08122021


Li Ji VIII, Li Qi—Peralatan Kesusilaan I: 5

Postingan populer dari blog ini

NABI DALAM AGAMA RU-KHONGHUCU

MEMASUKKAN MUTIARA PADA JENAZAH

HAID BOLEHKAH BERSEMBAHYANG?